Senin, 02 Juni 2014

Resep Kue Nastar Nanas Enak dan Lezat

Bagi anda yang pada saat ini tengah mencari resep kue nastar untuk dapat membuatnya sendiri di rumah, maka berbagai macam resep dan cara membuat kue nastar tersebut sudah akan dengan mudah anda temukan di berbagai situs ataupun website di internet. Nastar sendiri merupakan salah satu kue yang masuk pada kategori kue kering dengan rasa yang renyah dan juga gurih, namun keunikan kue tersebut terletak pada isiannya yang menggunakan selai nanas yang memiliki rasa segar kombinasi dari asam dan juga manis. Dan kue nastar tersebut biasanya akan banyak disajikan pada hari-hari besar yang spesial seperti Idul Fitri, Natal, Imlek, hingga acara ulang tahun, dll.

Dan bagi anda yang belum mengetahui resep dan juga cara membuat kue nastar tersebut, maka di bawah ini adalah sebuah resep kue nastar beserta cara pembuatannya yang dapat kita ketahui bersama.

resep kue nastar
Bahan untuk adonan :
  • Tepung terigu sebanyak 500 gram
  • Margarin atau mentega butter sebanyak 500 gram
  • Gula halus sebanyak 100 gram
  • Keju cheddar sebanyak 100 gram
  • Vanili sebanyak satu bungkus
  • Kuning telur sebanyak 4 butir
  • Kunig telur sebanyak 2 buah (untuk olesan)
  • Kayu manis sebanyak 1 potong kecil

Bahan untuk selai nanas :
  1. Nanas seebanyak satu buah (jangan terlalu matang namun jangan juga terlalu muda)
  2. Gula pasir sebanyak 300 gram

Cara membuat selai nanas :
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengupas dan membersihkan nanas terlebih dahulu, setelah itu potong-potong nanas tersebut dan parus hingga lembut. Setelah itu panaskan wajan kemudian masukan nanas parut tersebut beserta gula pasir dan masak hingga matang dan berubah menjadi kental, dinginkan nanas tersebut hingga dapat dibentuk.

Cara membuat adonan :
Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengocok 4 buah kuning telur yang telah dipersiapkan tadi, kemudian masukan margarin atau butter beserta gula halus dan kocok kembali hingga mengembang. Masukan tepung terigu sedikit demi sedikit yang disusul dengan partan keju dan juga vanili, aduk terus adonan hingga adonan tersebut dapat dibentuk.

Cara membuat kue nastar Nanas :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengambil adonan untuk dibentuk bulat lalu digepengkan (besar adonan disesuaikan dengan selera), kemudian masukan selai nanas tadi yang telah dibulatkan pada adonan tersebut dan tutup kembali hingga selai nanas berada di tengah-tengah adonan tersebut.

Letakan dan susun pada sebuah loyang yang telah di olesi oleh mentega terlebih dahulu dan olesi bagian permukaan atas adonan dengan menggunakan kuning telur, dan untuk toping atau hiasannya, anda dapat menggunakan potongan kismis, cengkeh, atau keju parut.

Dan langkah terakhir pebuatan dalam resep kue nastar adalah dengan memanggang adonan tadi di dalam oven hingga benar-benar matang dan berwarna kecoklatan, setelah itu angkat dan tiriskan kemudian dapat anda sajikan bersama dengan sirup.

Resep Kue Nastar Nanas Enak dan Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita