Sabtu, 07 Juni 2014

Resep Kue Mangkok Super Lembut

Resep kue mangkok sebenarnya sudah akan dengan mudah anda dapatkan melalui berbagai situs ataupun website di internet pada saat ini, dan bagi anda yang pada saat ini ingin mempelajari cara untuk membuat kue tersebut maka hal tersebut tentunya sudah bukan merupakan hal yang sulit lagi untuk dilakukan. Kue mangkok sendiri merupakan salah satu kue basah yang masuk pada jajaran kue jajanan pasar tradisional yang akan dengan mudah ditemukan di toko-toko kue ataupun di pasar tradisional. Kue tersebut dikatakan kue mangkok memang karena bentuk bagian bawahnya yang seperti sebuah mangkuk namun bagian atasnya sendiri mekar dan mengembang, dan kue tersebut memang sangat cocok untuk disajikan dalam berbagai kondisi.

Dan bagi anda yang ingin mengetahui dan belajar untuk membuat kue mangkok tersebut, maka di bawah ini adalah sebuah resep kue mangkok lengkap dengan cara pembuatannya yang dapat kita perhatikan bersama.

Resep kue mangkok
Bahan yang dibutuhkan :
  • Tepung beras sebanyak 175 gram
  • Tepung terigu sebanyak 75 gram
  • Tape singkong sebanyak 100 gram (usahakan yang bertekstur empuk)
  • Gula pasir sebanyak 50 gram
  • Gula palem sebanyak150 gram
  • Baking powder sebanyak 1 sendok teh
  • Air soda tanpa rasa sebanyak 125ml
  • Air dingin sebanyak 175ml
  • Air mendidih sebanyak 125ml

Cara membuat kue mangkok :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mencampur tepung beras dengan air dingin dan aduk hingga adonan terasa seperti lembab, sisihkan dan tutup rapat dengan menggunakan plastik. Langkah kedua yang dapat dilakukan adalah dengan mencampurkan gula palem dengan tape lalu aduk hingga tecampur rata, dan pada wadah yang berbeda campurkan terigu dengan air mendidih dan aduk hingga adonan benar-benar tercampur rata dan licin. Langkah ketiga yang dapat dilakukan adalah dengan memasukan campuran gula palem dan tape pada tepung beras, aduk dan juga uleni hingga semua adonan tercampur rata dan juga licin selama kurang lebih sepuluh menit.

Setelah itu masukan adonan tersebut sedikit demi sedikit pada adonan terigu alu aduk dan uleni hingga tercampur rata, masukan bahan lainnya seperti air soda dan juga baking powder dan aduk kembali hingga tercampur rata. Langkah terakhir pembuatan dalam resep kue mangkok tersebut adalah dengan memanaskan cetakan untuk kue mangkok tersebut pada kukusan, setelah itu tuangkan adonan pada cetakan tersebut hingga penuh dan kukus hingga kue matang selama kurang lebih 25 menit. Setelah matang, angkat dan tiriskan lalu dapat anda sajikan.

Resep Kue Mangkok Super Lembut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita