Senin, 02 Juni 2014

Resep dan Cara Membuat Kue Donat

Aneka resep kue donat tentunya pada saat ini sudah akan dengan mudah anda dapatkan dan temukan di berbagai situs ataupun website di internet, dan bagi anda yang pada saat ini tengah mengoleksi resep kue dan juga belajar membuat aneka macam kue, tentunya berbagai macam informasi tersebut akan sangat membantu bagi anda. Kue donat sendiri merupakan salah satu kue yang memiliki cirikhas bolong di bagian tengahnya dan nyaris berbentuk seperti huruf O, dan tentunya siapa yang tidak kenal dengan kue tersebut yang juga merupakan salah satu kue favourite karena banyak digemari oleh banyak orang.

Namun untuk dapat membuat kue donat tersebut tentunya akan dibutuhkan kesabaran serta teknik tersendiri, karena jika tidak begitu maka kue donat tersebut rata-ratanya akan tidak mengembang atau bantat. Dan bagi anda yang ingin bisa membuat kue donat tersebut, maka di bawah ini adalah sebuah resep kue donat beserta cara pembuatannya yang dapat kita ketahui bersama.

Resep Kue Donat
Bahan untuk adonan :
  • Tepung terigu sebanyak 500 gram
  • Susu kental atau susu bubuk sebanyak 3 sdm
  • Telur sebanyak 2 butir
  • Ragi instan sebanyak 11 gram
  • Gula pasir sebanyak 4 sdm
  • Mentega sebanyak 3 sdm
  • Garam sebanyak 2 sdt
  • Air mineral sebanyak 200 cc

Cara membuat Kue donat :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengocok dua butir terlebih dahulu, kemudian masukan gula pasir, mentega, susu, dan garam kemudian kocok kembali hingga tercampur rata. Setelah itu masukan tepung terigu sedikit demi sedikit dan aduk hingga adonan tercampur rata, campurkan ragi kedalam air hingga merata, kemudian tuangkan pada adonan tadi dan aduk kembali hingga tercampur rata dan adonan berubah menjadi kalis. Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit dalam sebuah wadah yang tertutup, ambil adonan sebanyak kurang lebih satu sendor makan atau dapat juga disesuaikan dengan selera anda dan bentuklah bulat adonan tersebut.

Letakan pada sebuah loyang yang terlebih dahulu telah ditaburi oleh tepung terigu agar tidak lengket, lakukan hingga adonan habis dan biarkan kembali agar adonan mengembang selama kurang lebih 20 menit. Dan langkah terakhir dalam proses pembuatan dalam resep kue donat tersebut adalah dengan menyiapkan minyak goreng untuk menggoreng donat tersebut, lubangi terlebih dahulu donat tersebut kemudian gorenglah dengan menggunakan api kecil hingga donat benar-benar matang. Setelah itu angkat dan tiriskan, kemudian anda dapat memberikan aneka toping atau hiasan pada donat tersebut sesuai dengan selera anda.

Resep dan Cara Membuat Kue Donat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita