Jumat, 04 Juli 2014

Resep Es Kacang Merah

Resep es kacang merah yang akan coba kami bagikan untuk anda semuanya pada kesempatan kali ini merupakan resep es kacang merah yang khas dari Palembang, ya, karena es kacang merah sendiri memang merupakan salah satu kuliner yang khas dari daerah Palembang. Dan tentunya tidak semua orang pernah mencicipi salah satu kuliner khas Palembang tersebut, namun bagi mereka yang memang gemar berwisata kuliner tentunya kudapan tersebut sudah bukan lagi merupakan makanan yang asing di lidah mereka.

Dan untuk dapat menikmati kuliner tersebut tentunya tidak harus selalu mengunjungi kota Palembang, karena selain di berbagai daerah sudah terdapat banyak yang menjual, sebenarnya es kacang merah tersebut juga dapat anda buat sendiri di rumah. Dan bagi anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah, maka di bawah ini adalah sebuah resep es kacang merah beserta cara pembuatanya yang dapat kita ketahui bersama.

Resep es kacang merah
Bahan yang di butuhkan :
1. Kacang merah sebanyak 200 gram
2. Gula pasir sebanyak 4 sdm
3. Vanili sebanyak ½ sdt
4. Gula merah sebanyak 2 sdm kemudian iris tipis
5. Garam sebanyak ½ sdt
6. Air sebanyak 1 liter
7. Cokelat bubuk sebanyak 1 sdm kemudian larutkan dengan 100ml air
8. Susu kental manis secukupnya
9. Es batu secukupnya

Bahan untuk membuat kuah :
1. Santan kental sebanyak 300ml (atau dapat menggunakan susu cair plain)
2. Tepung maizena sebanyak 1 sdm

Cara membuat es kacang merah :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan merendam kacang merah tersebut selama satu malam di dalam sebuah wadah, hal tersebu bertujuan agar kacang merah tersebut terasa empuk dan juga mengembang. Setelah itu didihkan air sebanyak 2 liter kemudian rebuslah kacang yang telah direndam selama semalaman tadi dalam air tersebut hingga kacang benar-benar empuk, kemudian masukan vanili, gula, serta cokelat cair dan aduk hingga merata lalu biarkan hingga bahan meresap dan ainya menysut.

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah membuat kuah yaitu dengan merebus santan atau susu cair beserta tepung maizena dan aduk hingga mengental serta mendidih, aduk selama memasak agar santan tidak pecah. Dan langkah terakhir pembuatan dalam resep es kacang merah di atas adalah dengan menuangkan kacang merah beserta kuahnya dalam sebuah gelas ataupun mangkuk secukupnya, setelah itu tuangkan santan atau susu cair yang telah dimasak sebelumnya, letakan beberapa buah es batu dan hidangkan.

Resep Es Kacang Merah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita