Jumat, 06 Juni 2014

Resep Kue Bolu Kukus Super Lembut

Berbagai macam resep kue bolu kukus tentunya sudah bukan merupakan resep kue yang asing lagi bagi para ibu-ibu, terutama bagi mereka yang memang gemar membuat kudapan seperti aneka macam kue. Kue bolu kukus sendiri merupakan salah satu kue yang memiliki tekstur yang sangat lembut yang hingga saat ini sudah banyak dikembangkan, dan salah satu cirikhas dari kue bolu kukus tersebut adalah pada wadah kertas yang digunakan untuk kue tersebut. Dan pada umumnya wadah kertas tersebut dibuat dengan menggunakan kertas roti yang kemudian di potong-potong dan dibentuk hingga menyerupai sebuah cup atau wadah, namun pada saat ini juga sudah banyak tersedia cup instan siap pakai untuk kue bolu kukus tersebut yang bisa di dapatkan dengan mudah di toko-toko kue.

Dan bagi anda yang pada saat ini ingin belajar membuat kue bolu kukus tersebut, maka dibawah ini adalah sebuah resep kue bolu kukus beserta cara pembuatannya yang dapat kita perhatikan bersama.

resep kue bolu kukus
Bahan yang dibutuhkan :
  • Tepung terigu sebanyak 275 gram (protein sedang)
  • Gula pasir sebanyak 200 gram
  • Soda tawar sebanyak 225 ml (seperti F&N atau Sprite)
  • Telur ayam sebanyak 2 butir
  • Emulsifier sebanyak 2 sendok teh
  • Essen vanili sebanyak ½ sendok teh
  • Baking powder sebanyak ½ sendok teh
  • Pewarna makanan sebanyak 4 tetes (dengan dua tetes yang berbeda warna sesuai dengan selera)

Cara membuat kue bolu kukus :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengocok telur dengan beberapa bahan lainnya seperti emilsifier dan juga gula hingga mengembang dan juga menjadi kaku selama kurang lebih sekitar 10 menit. Langkah selanjutnya adalah dengan menyaring tepung terigu dan juga baking powder secara bergantian pada adonan pertama tadi hingga merata lalu tuangkan soda dan aduk kembali secara perlahan hingga mengembang, setelah itu masukanlah essen vanili dan aduk kembali hingga merata. Untuk membuak kue bolu kukus yang berwarna, maka pisahkan terlebih dahulu adonan masing-masing sebanyak 50 gram pada dua wadah berbeda dan sisakan yang memiliki warna putihnya.

Masukan pewarna makanan yang berbeda pada kedua wadah berbeda tadi yang disesuaikan dengan selera anda dan aduk kembali hingga merata, setelah itu tuangkan adonan yang berwarna putih terlebih dahulu pada cetakan atau cup untuk bolu kukus, lalu tuangkan adonan yang berwarna secara bergantian dan lakukan hingga seluruh adonan habis merata. Dan langkah terakhir pembuatan dalam resep kue bolu kukus di atas adalah dengan mengukusnya di atas api besar selama kurng lebih sekitar 10 menit, setelah matang angkat dan tiriskan, maka kue bolu kukus hasil kreasi anda pun sudah siap dihidangkan.

Resep Kue Bolu Kukus Super Lembut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita