Selasa, 10 Juni 2014

Resep Kue Moci Empuk Enak

Tentunya tidak akan semua orang mengetahui resep kue moci hingga cara atau proses pembuatannya, yang sebenarnya pada saat ini sudah akan dengan mudah ditemukan di berbagai situs ataupun website di internet. Kue moci sendiri merupakan salah satu kue khas dari negara Jepang yang biasanya digunakan untuk merayakan perayaan tradisional seperti tahun baru Jepang atau Mochitsuki jika dalam istilah setempat, kue tersebut juga memiliki cirikhas yang lembut ketika dimakan yang lama kelamaan akan berubah menjadi seperti lengket. Dan di Indonesia sendiri, kue mochi tersebut memang sudah cukup banyak dijumpai dan dijual di beberapa daerah yang sudah terkenal seperti di daerah Sukabumi dan juga Cianjur.

Dan tentunya untuk dapat menyantap makanan tersebut tidaklah harus selalu dengan membelinya diluar atau bahkan ke daerah tersebut, karena dengan sebuah resep kue moci tentunya anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah. Dan bagi anda yang membutuhkannya, maka di bawah ini adalah sebuah resep kue moci beserta cara pembuatannya yang dapat anda ikuti sendiri di rumah.

Resep Kue Moci
Bahan untuk membuat moci :
  • Tepung beras sebanyak 15 gram
  • Tepung beras ketan sebanyak 200 gram
  • Gula pasir sebanyak 80 gram
  • Air sebanyak 250 ml
  • Mentega putih sebanyak 10 gram
  • Garam ¼ sdt
  • Vanili cair ½ sdt
Bahan untuk isi moci :
  • Kacang tanah sebanyak 75 gram (sangrai hingga matang dan buang kulitnya)
  • Gula pasir sebanyak 25 gram
  • Air sebanyak 2 sdm
Bahan untuk pelengkap :
  • Tepung maizena sebanyak 50 gram

Cara membuat kue moci :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mencampurkan seluruh bahan tepung kecuali bahan tepung pelengkap, setelah itu campurkan gula, vanili, air, dan juga garam dan aduk hingga gula menjadi larut. Kemudian campurkan adonan cair tadi pada campuran tepung dan aduk hingga seluruh bahan tercampur rata, lalu masukan mentega putih dan aduk kembali hingga mentega tersebut tercampur rata dengan seluruh bahan lainnya. Masukan adonan tersebut pada sebauhu wadah anti-panas kemudian kukuslah selama kurang lebih 10 menit, angkat terlebih dahulu kukusan tersebut dan aduk kembali hingga adonan yang masih cair dan sudah mulai mengeras tercampur rata.

Langkah selanjutnya adalah dengan memasukan kembali adonan tersebut pada kukusan dan kukus kembali selama kurang lebih sekitar 20 menit, lalu biasrkan adonan tesebut tetap hangat. Langkah selanjutnya adalah membuat isian kacang, tumbuk kasar kacang tanah yang telah disiapkan namun jangan terlalu lembut, kemudian campurkan dengan gula dan air lalu aduk hingga adonan tercampur rata. Dan langkat terakhir pembuatan dalam resep kue moci di atas yaitu mengambil adonan kukusan tadi sebanyak 1 sdm, pipihkan lalu isi dengan bahan kacang dan bulatkan kembali, setelah itu masukan adonan tersebut pada tepung maizena hingga adonan tertutup oleh tepung tersebut. Lakukan hingga adonan habis lalu hidangkan.

Resep Kue Moci Empuk Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita