Selasa, 03 Juni 2014

Resep Kue Pukis Lembut dan Lezat

Resep kue pukis yang akan coba kami bagikan untuk anda semuanya pada kesempatan kali ini adalah merupakan resep yang sedikit telah dimodifikasi, namun walaupun begitu tentunya bukan berarti kue pukis tersebut memiliki rasa yang berbeda, akan tetapi kue pukis tersebut masih merupakan kue pukis yang lembut, gurih, empuk, dan juga enak tentunya.

Kue pukis tersebut merupakan salah satu dari ragam kue basah yang menjadi salah satu kudapan cirikhas Indonesia, dan kue tersebut juga meruapakan salah satu kue yang banyak diminati oleh hampir seluruh kalangan masyarakat tanah air ini. Namun sayangnya tidak banyak orang yang dapat membuat kudapan tersebut, akan tetapi pada saat ini berbagai resep dan cara mebuat kue tersebut tentunya sudah banyak tersedia dan dapat anda praktekan sendiri di rumah.

Dan bagi anda yang ingin mencoba membuat kue tersebut, maka di bawah ini adalah sebuah resep kue pukis beserta cara pembuatannya yang dapat kita ketahui bersama.

Resep kue pukis
Bahan yang dibutuhkan :
  • Tepung terigu sebanyak 150 gram
  • Gula pasir sebanyak 100 gram
  • Santan sebanyak 200ml
  • Telur ayam sebanyak 3 butir
  • Kentang sebanyak satu buah (rebus hingga matang dan haluskan)
  • Ragi instan sebanyak ½ sendok makan
  • Air hangat sebanyak 50ml

Bahan untuk toping :
  • Keju parut
  • Kismis, kacang, selai, hingga coklat meises dll (dapat disesuaikan dengan selera)

Cara membuat kue pukis :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memasak santan dengan api kecil agar tidak pecah hingga mendidih, angkat lalu tiriskan hingga santan menjadi hangat. Setelah itu masukan ragi instan pada air hangat lalu aduk hingga mengeluarkan buih lalu sisihkan, kocoklah telur bersama dengan gula hingga campuran menjadi kental, mengembang, dan terlihat lebih kaku. Dan langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memasukan terigu sedikit demi sedikit dan aduk hingga adonan tercampur rata, jika menggunakan mixer maka gunakan kecepatan rendah dan jangan terlalu lama. Setelah itu masukan semua bahan lainnya seperti kentang, air larutan ragi, dan terakhir santan kemudian aduk kembali hingga tercampur rata dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.

Panaskan cetakan khusus untuk kue pukis dengan api sedang dan olesi dengan margarin agar tidak lengket, pastikan cetakan panas merata agar kue pukis pun matang secara merata. Dan langkah terakhir pembuatan dalam resep kue pukis tersebut adalah dengan menuangkan adonan hingga sekitar 2/3 cetakan dan tutuplah, dan pada kondisi setengah matang, maka taburkan toping yang telah disediakan tadi sesuai dengan selera anda, setelah itu tutup dan masak kembali hingga kue pukis benar-benar matang. Angkat kue pukis tersebut dan hidangkan selagi hangat.

Resep Kue Pukis Lembut dan Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita