Jumat, 04 Juli 2014

Resep Es Pisang Ijo

Bagi anda yang pada saat ini ingin mengetahui resep es pisang ijo maka hal tersebut tentunya sudah bukan lagi merupakan hal yang sulit untuk dicari, sebagian besar orang menikmati es pisang ijo tersebut tentunya dengan membelinya di para penjual. Namun jika anda dapat membuatnya sendiri di rumah maka tentunya hal tersebut akan lebih baik, karena selain dapat mengatur porsinya sendiri, anda pun dapat membuat es pisang ijo tersebut sesuai dengn selera anda.

Dan bagi anda yang pada saat ini ingin bisa membuat es pisang ijo tersebut, maka di bawah ini adalah sebuah resep es pisang ijo beserta cara pembuatannya yang dapat kita ketahui bersama.

Resep Es Pisang Ijo
Bahan yang dibutuhkan :
1. Pisang raja sebanyak 6 buah (usahkan yang sudah matang)
2. Tepung beras sebanyak 150 gram
3. Gula pasir sebanyak 80ml
4. Daun pandan sebanyak 10 lembar
5. Daun suji sebanyak 10 lembar
6. Sagu sebanyak 50 gram
7. Tepung terigu sebanyak 5 gram
8. Santan sebanyak 200ml
9. Sirup secukupnya (dapat sesuai dengan selera)
10. Es serut kasar secukupnya
11. Dan garam secukupnya

Bahan untuk saus :
1. Santan cair sebanyak 1 liter
2. Tepung beras sebanyak 60 gram
3. Gula pasir sebanyak 100 gram
4. Garam sebanyak ½ sdt
5. Daun pandan sebanyak 1 lembar kemudian iris kasar

Cara membuat es pisang ijo :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengukus pisang ijo terlebih dahulu hingga matang dan sisihkan, setelah itu irislah daun suji dan juga daun pandan kemudian haluskan dengan menggunakan blender yang dicampur dengan 50ml air. Setelah itu saringlah air sarinya saja lalu sisihkan terlebih dahulu. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mencampurkan beberpa bahan seperti terigu, tepung beras, tepung sagu, dan gula pasir kemudian campurkan hingga seluruh bahan tercampur rata, kemudian tuangkan santan, air perasan daun pandan dan daun suji lalu uleni hingga seluruh adonan menjadi kalis dan tercampur rata.

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengambil adonan terlebih dahulu kemudian bungkuslah pisang yang telah di kukus tadi hingga pisang tetutup oleh seluruh adonan, setelah itu kukus kembali hingga adonan yang membungkus pisang tadi berubah warna menjadi hijau tua dan sisihkan. Langkah selanjutnbya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat saus untuk pisang ijo tersebut, yaitu dengan mencampurkan seluruh bahan saus kemudian didihkan hingga mengental dengan terus mengaduknya. Dan langkah terakhir pebuatan dalam resep es pisang ijo di atas adalah dengan memotong-motong pisang ijo yang telah di kukus tadi kemudian siramkan saus yang telah dibuat tadi dan hidangkan.

Resep Es Pisang Ijo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita