Selasa, 10 Juni 2014

Resep Kue Bolu Gulung Lembut Lezat

Mungkin hampir seluruh dari anda yang memang gemar membuat kue akan mengetahui resep kue bolu gulung, karena jika sudah mengetahui resep dan caranya tentunya untuk membuat sendiri kue tersebut bukanlah merupakan sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Bolu gulung atau yang memiliki nama julukan lain yaitu Swiss Roll tersebut merupakan kue yang memiliki tekstur yang lembut, dan kue bolu tersebut tentunya juga merupakan salah satu kudapan yang digemari dan disukai oleh berbagai kalangan. Dan bolu gulung tersebut juga hingga saat ini sudah sangat benyak dikembangkan oleh mereka yang memang pandai membuat kue, sehingga bolu gulung tersebut pada saat ini sudah sangat bervariasi dan banyak pilihan rasanya.

Dan bagi anda yang pada saat ini ingin bisa membuat kue gulung tersebut, maka di bawah ini adalah sebauh resep kue bolu gulung beserta cara pembuatannya yang dapat anda perhatikan dan tentunya juga dapat anda praktekan sendiri di rumah.

Resep Kue Bolu Gulung
Bahan untuk membuat bolu gulung :
  • Tepung terigu yang telah di ayak sebanyak 50 gram
  • Kuning telur sebanyak 7 butir
  • Putih telur sebanyak 2 butir
  • Gula pasir sebanyak 50 gram
  • Margarin sebanyak 50 gram kemudian cairkan
  • Baking powder sebanyak ½ sdt
  • Susu kental manis sebanyak 1 sdm
  • Rhum sebanyak 1 sdm
  • Teh madu sebanyak 1 sdt
Bahan untuk butter cream :
  • Margarin sebanyak 100 gram
  • Gula halus sebanyak 100 gram
  • Kuning telur sebanyak ½ butir

Cara membuat kue bolu gulung :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membuat buttercream terlebih dahulu, yaitu dengan cara memasukan seluruh bahan kemudian kocok dengan menggunakan mixer hingga adonan menjadi putih dengan tekstur seperti krim. Dan jika dan menginginkan rasa pada buttercream tersebut, maka adna pun dapat memasukan berbagai macam essence sesuai dengan selera anda.

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengocok telur bersamaan dengan gula hingga mengembang, setelah itu masukan beberapa bahan lainnya seperti madu, susu, dan juga rhum jika emmang anda menyukainya. Aduk terus hingga seluruh adonan tercampur rata kemudian masukan tepung terigu yang telah dicampur dengan baking powder sedikit demi sedikit dan terus mengaduknya hingga adonan tercampur rata. Tangkan margarin cair namun aduklah dengan menggunakan spatula dan aduk hingga tercampur rata, setelah itu tuangkan adonan pada sebuah loyang yang telah diolesi margarin dan ditaburi oleh tepung.

Panggang adonan di dalam oven yang bersuhu hingga 220 derajat selama 10 menit, dan jangan lebih dari waktu tersebut karena dapat membuat bolu menjadi keras dan sulit ketika digulung. Dan langkah terakhir pembuatan dalam resep kue bolu gulung di atas adalah dengan mengangkat bolu yang telah matang dan letakan di atas kertas roti, olesi dengan menggunakan buttercream tadi sesuai dengan selera anda dan gulunglah perlahan selagi bolu masih hangat agar tidak patah. Potong-potong bolu gulung tersebut dan sajikan.

Resep Kue Bolu Gulung Lembut Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita