Kamis, 12 Juni 2014

Resep Kue Dadar Gulung Super Enak

Tentunya tidak sedikit para ibu-ibu yang masih akan selalu mencari resep kue dadar gulung, ya, para ibu-ibu sendiri memang terkenal gemar memasak dan membuat kue. Namun tentunya tidak semua ibu-ibu juga akan mengetahui bagaimana car membuat sebuah kue tradisional yang sudah sangat terkenal yaitu dadar gulung. Salah satu kue basah yang masuk pada jajaran dari berbagai macam jajanan pasar tersebut memang disukai oleh berbagia kalangan, dan kue tersebut biasanya akan disajikan pada acara-acara seperti acara keluarga, arisan ibu-ibu, hingga ketika ersantai di rumah bersama keluarga.

Namun untuk dapt menyantap kudapan tersebut tentunya tidak harus selalu dengan membelinya, karena dengan sebuah resep kue dadar gulung maka anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah. Dan bagi anda yang membutuhkannya, maka di bawah ini adalah sebuah resep kue dadar gulung beserta cara pembuatannya yang dapat anda praktekan sendiri di rumah.

Resep Kue Dadar Gulung
Bahan untuk kulit :
  • Tepung terigu sebanyak 225 gram
  • Telur sebanyak 3 butir (kocok hingga mengembang)
  • Tepung tapioka sebanyak 30 gram
  • Air daun suji sebanyak 75ml
  • Santan sebanyak 250ml (dari ½ butir kelapa)
  • Garam sebanyak 1 sdt

Bahan untuk isi :
  • Kelapa parut yang sudah setengah tua sebanyak 200 gram
  • Gula pasir sebanyak 30 gram
  • Gula merah sebanyak 100 gram (iris tipis seluruhnya)
  • Garam sebanyak ¼ sdt
  • Dan air bersih sebanyak 50ml

Cara membuat kue dadar gulung :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membuat bahan untuk isiannya terlebih dahulu, yaitu dengan memasak kelapa beserta beberapa bahan lainnya seperti gula merah dan jga ula pasir. Setelah itu masukan air kemudian garam dan aduk kembali hinga adonan tercampur rata dan berubah menjadi kalis, angkat bahan isian tersebut kemudian dinginkan.

Langkah selanjutnya adalah membuat kulit untuk kue dadar gulung tersebut, caranya adalah dengan mengaduk terigu bersamaan dengan beberapa bahan lainnya seperti tapioka dan juga garam. Setelah tercampur rata maka masukan telur, santan, air daun suji, dan juga air lalu aduklah hingga seluruh adonan tercampur rata, setelah itu panaskan wajan anti lengket kemudian tuangkan adonan kuit tersebut pada wajan yang telah panas secukupnya lalu ratakan hingga dapat menjadi sebuah adonan kulit yang sangat tipis. Dan beberapa yang harus diperhatikan adalah suhu wajan yang memang harus panas namun jangan juga terlalu panas, jika sudah dipanaskan terlebih dahulu maka ketika akan menuangkan adonan hendaknya api dikecilkan terlebih dahulu.

Dan langkah terakhir pembuatan dalam resep kue dadar gulung di atas adalah dengan mengambil sebuah adonan kulit, kemudian berikan adonan isi kelapa dan lipat kulit tersebut sepeti sedang membungkus amplop hingge membentuk sebuah kue dadar gulung. Habiskan adonan dengan cara yang sama, dan kue dadar gulung hasil kreasi anda pun siap dihidangkan.

Resep Kue Dadar Gulung Super Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita