Selasa, 03 Juni 2014

Resep Kue Lumpur Lembut dan Lezat

Resep kue lumpur yang akan coba kami bagikan untuk anda semuanya pada kesempatan kali ini mungkin akan sangat membantu dan bermanfaat bagi anda yang gemar menyantap kudapan khas Indonesia. Ya, kue lumpur sendiri memang merupakan salah satu makanan ringan yang menjadi salah satu kue dalam jajanan pasar tradisional yang menjadi cirikhas Indonesia, kue tersebut disebut kue lumpur karena teksturnya yang sangat halus dan juga lembut ketika berada di dalam mulut.

Dan bagi anda yang gemar membuat dan menyantap aneka kue, maka untuk menikmati kudapan tersebut tentunya tidak harus selalu dengan membelinya di pasar tradisional atau toko kue, karena jika anda sudah mengetahui resep untuk membuat kue lumpur tersebut maka anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah.

Dan bagi anda yang ingin mengetahuinya, maka di bawah ini adalah sebuah resep kue lumpur beserta cara pembuatannya yang dapat kita ketahui bersama.

Resep kue lumpur
Bahan yang dibutuhkan :
  • Tepung terigu sebanyak ½ kg (segitiga biru)
  • Telur ayam sebanyak 4 butir
  • Gula pasir sebanyak 250 gram
  • Kentang sebanyak 250 gram (yang sudah di kukus dan dihaluskan)
  • Santan cair sebanyak 850ml
  • Margarin atau mentega cair sebanyak 250 gram
  • Vanili sebanyak ½ sendok the
  • Garam sebanyak ½ sendok teh
  • Daging kelapa muda dari 1 buah kelapa yang muda
  • Dan kismis secukupnya

Cara membuat kue lumpur :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengocok telur bersamaan dengan vanili dan juga gula selama kurang lebih 10 menit hingga semua bahan tercampur rata, kemudian masukan kentang sedikit demi sedikit dan aduk kembali hingga adonan tercampur rata. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memasukan tepung terigu sedikit demi sedikit dan aduk hingga seluruh adonan tercampur rata, setelah itu tuangkan margarin cair, santan, dan juga garam, aduk kembali hingga merata. Panaskan cetakan khusus untuk membuat kue lumpur kemudian olesi dengan margarin agar tidak lengket, setelah panas, tuangkan adonan tadi dan tunggulah hingga sekitar dua menit.

Setelah itu, langkah terakhir pembuatan dalam resep kue lumpur adalah dengan memasukan kelapa muda dan kismis secukupnya dan teruskan masak kembali hingga kue benar-benar matang dan mulai padat pada bagian atasnya selama kurang lebih 3 menit. Lalu angkat dan sajikan kue tersebut selagi hangat di tengah-tengah keluarga anda. Selamat mencoba!

Resep Kue Lumpur Lembut dan Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita