Sabtu, 05 Juli 2014

Resep Es Doger

Resep es doger yang akan coba kami bagikan untuk anda semuanya pada kesempatan kli ini tentunya merupakan resep es doger yang khas dari Kota Kembang Bandung,,karena es doger tersebut memang merupakan salah satu kudapan yang berasal dari kota Bandung. Namun pada saat ini es doger tersebut sudah dapat anda temukan dimana saja dengan mudah, karena rasanya yang enak, maka membuat kudapan tersebut mudah tersebar kemana-mana. Terlebih di bulan puasa seperti sekarang ini, berbagai hindangan yang menyegarkan disaat berbuka puasa tentunya akan banyak diburu dan dicari oleh banyak orang.

Dan bagi anda yang pada saat ini ingin bisa membuat es doger tersebut, maka di bawah ini adalah sebuah resep es doger beserta cara pembuatannya yang dapat kita ketahui bersama.

Resep Es Doger
Bahan yang dibutuhkan :
1. Kelapa muda yang sudah dikeruk sebanyak 200 gram
2. Sagu mutiara matang berwarna merah dan hijau masing-masing sebanyak 250 gram
3. Tape ketan hitam sebanyak 75gram
4. Alpukat matang yang sudah di keruk sebanyak 125 gram
5. Buah nangka sebanyak 125 gram kemudian potong-potong
6. Tape singkong sebanyak 100 gram kemudian potong-potong
7. Susu kental manis putih secukupnya
8. Es batu sebanyak 2500 gram kemudian serut

Bahan untuk sirup :
1. Gula pasir sebanyak 500 gram
2. Santan sebanyak 250ml dari 1 butir kelapa
3. Garam sebanyak ½ sendok teh
4. Esen pewarna merah secukupnya

Cara membuat es doger :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan merebus seluruh bahan sirup hingga mendidih dengan menggunakan api kecil, aduk terus dengan perlahan hingga gula larut dan agar santan tidak pecah lalu dinginkan. Langkah selanjutnya adalah dengan menuangkan sirup tersebut pada es serut kemudian aduk secar perlahan hingga merata, setelah itu masukan kembali es serut kedalam freezer.

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menata bahan-bahan seperti kelapa muda, sagu mutiara, buah nangka dan alpukat, tape singkong serta tape ketan hitam pada sebuah wadah seperti gelas ataupun mengkuk. Dan langkah terakhir pembuatan dalam resep es doger di atas adalah dengan memasukan es serut secukupnya di atas bahan yang telah di tata tadi, lalu tuangkan susu kental manis secukupnya kemudian langsung hidangkan.

Resep Es Doger Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita