Kamis, 03 Juli 2014

Resep Sambal Matah

Resep sambal matah merupakan salah satu resep sambal lainnya yang berasal dari pulau Dewata Bali, ya, karena tentunya tidak hanya sambal bawang saja yang memang terkenal berasal dari Bali, akan tetapi masih terdapat jenis masakan lainnya yang juga terkenal seperti salah satunya adalah sambal matah tersebut. Bali rupanya memang tidak hanya dikenal sebagai daerah yang memiliki kesenian beragam saja, akan tetapi di sektor kulinernya sendiri memang juga bervariasi dan cukup beragam, seperti salah satunya adalah sambal matah yang memang merupakan salah satu sambal khas dai pulau tersebut.

Dan bagi anda yang ingin mencicipi dan ingin mengetahui cara pembuatannya, maka di bawah ini adalah sebuah resep sambal matah beserta cara pembuatannya yang dapat kita perhatikan bersama.

Resep sambal matah
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal matah :
1. 10 buah cabai rawit merah
2. 8 siung bawang merah
3. 2 siung bawang putih
4. ½ sdt terasi kemudian dibakar
5. 2 lembar daun jeruk purut kemudian iris halus
6. 5 batang serai
7. ¼ sdt garam
8. ¼ sdt gula pasir
9. ½ sdm air jeruk nipis
10. 3 sdm minyak sayur

Cara membuat sambal matah :

Langkah pertamayang dapat dilakukan adalah dengan mengiris bawang merah dan juga bawang putih hingga halus, setelah itu irislah juga cabai rawit yang telah disiapkan tadi hingga halus, kemudian kupaslah kulit bagian luar serai hingga nampak bagian yang putihnya saja lalu iris kembali hingga halus. Langkah kedua yang dapat dilakukan adalah dengan mencampurkan seluruh bahan yang telah anda cacah halus tadi sebelumnya pada sebuah wadah anti panas, setelah itu masukanlah bahan lainnya seperti gula pasir serta air perasan jeruk nipis lelu aduk kembali hingga seluruh bahan tercampur rata dengan cara meremasnya.

Panaskan minyak sayur yang telah disiapkan tadi di atas wajan hingga benar-benar panas, dan langkah trakhir pembuatan dalam resep sambal matah di atas tadi adalah dengan menuangkan minyak panas tersebut pada bahan sambal yang telah anda campurkan tadi dan aduk kembali agar seluruh bahan tercampur merata. Setelah itu, sambal matah yang anda buat pun sudah siap untuk disajikan.

Resep Sambal Matah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita