Rabu, 04 Juni 2014

Resep Kue Bawang Gurih dan Enak

Resep kue bawang yang akan coba kami bagikan pada anda semuanya dalam kesempatan kali ini tentunya merupakan resep untuk membuat kue bawang yang renyah dan juga gurih, dan sebenarnya berbagai macam resep kue sendiri pada saat ini tidak hanya bisa anda dapatkan pada berbagai tabloid khusus masakan saja. Akan tetapi pada saat ini memang sudah terdapat berbagai macam resep kue yang akan anda dapatkan dengan mudah di berbagai situs ataupun website di internet, karena pada saat ini memang untuk bisa mendapatkan berbagai macam informasi dapat ditemukan di internet. Kue bawang sendiri merupakan salah satu varian kue kering asin dengan rasa yang gurih dan juga renyah dengan bentuk panjang seperti stik.

Dan kue tersebut juga tetnunya sudah tidak asing bagi anda yang memang gemar menyantap aneka camilan, selain itu, kue bawang tersebut juga kerap disajikan pada hari-hari besar keagamaan yang tentunya menjadi momen spesial. Dan bagi anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah, maka di bawah ini adalah sebuah resep kue bawang beserta cara pembuatannya yang dapat kita ketahui bersama.

Resep kue bawang
Bahan yang dibutuhkan :
  • Tepung terigu sebanyak 500 gram
  • Tepung sagu atau tepung kanji sebanyak 1 kg
  • Telur ayam sebanyak 3 butir dan kocok hingga mengembang
  • Bawang merah sebanyak 50 gram (haluskan dengan blender)
  • Bawang putih sebanyak 100 gram (haluskan dengan blender)
  • Seledri sebanyak 6 batang dan cincang hingga halus
  • Margarin atau mentega sebanyak 3 sdm
  • Kaldu ayam bubuk sebanyak 2 bungkus
  • Penyedap rasa sebanyak 1 sdt
  • Garam halus sebanyak 1 sdm
  • Dan air sebanyak 700ml

Cara membuat kue bawang :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mencampurkan terigu dengan air sedikit demi sedikit dan aduk hingga merata, setelah itu masukan beberapa bahan lainnya seperti bawang meran dan bawang putih, telur yang telah di kocok, seledri, penyedap rasa, kaldu ayam bubuk, garam, dan juga margarin, aduk kembali hingga adonan tercampur rata. Setelah itu masak adonan dalam sebuah panci dan aduk hingga adonan benar-benar tercampur rata dan menjadi kental, setelah itu pindahkan pada sebuah wajan dan masukan tepung kanji/tepung sagu dan aduk kembali hingga adonan menjadi kalis.

Setelah kalis, ambilah adonan tersebut dan bulatkan hingga berdiameter sekitar 7cm setelah itu gilinglah adonan tersebut dengan menggunakan cetakan khusus kue bawang dengan ketebalan yang disesuaikan dengan selera anda. Setelah jadi, potong adonan tersebut sepanjang 5cm dan giling kembali dengan menggunakan cetakan mie atau kwetiau, dan langkah terakhir pembuatan dalam resep kue bawang di atas adalah dengan menggoreng adonan tersebut pada minyak panas hingga berwarna kuning kecokelatan lalu angkat kemudian tiriskan dan sudah dapat anda sajikan.

Resep Kue Bawang Gurih dan Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita