Rabu, 04 Juni 2014

Resep Kue Cake Kukus Stroberi

Berbagai macam resep kue kukus pada saat ini memang sudah cukup banyak tersedia untuk menjadi varian dalam menyajikan hidangan aneka kue, berbagai resep yang dikembangkan dengan menggunakan berbagai kreasi dilakukan pada saat ini tentunya agar hidangan kue tidak akan berkesan monoton dan membosankan. Seperti salah satu resep kue kukus yang akan coba kami bagikan untuk anda semuanya pada kesempatan kali ini adalah cake lapis kukus stroberi, kue kukus tersebut merupakan salah satu kue yang memiliki tekstur yang sangat lembut ketika berada di dalam mulut. Selain itu, cake tersebut juga memiliki aroma dan juga rasa yang menyegarkan karena terdapat penggunaan bahan seperti buah storberi di dalamnya.

Dan untuk menikmati cake tersebut tentunya pada saat ini anda pun tidak harus selalu membelinya di toko-toko kue, karena dengan sebuah resep cake lapis kukus stroberi maka anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah. Dan bagi anda yang ingin mengetahui salah satu resep kue kukus tersebut, maka di bawah ini adalah sebuah resep cake lapis kukus stroberi yang dapat kita ketahui bersama.

Resep Kue Cake Kukus Stroberi
Bahan untuk cake :
  • Tepung terigu sebanyak 125 gram (dengan protein sedang)
  • Gula pasir sebanyak 125 gram
  • Telur ayam sebanyak 4 butir
  • Santan kental sebanyak 75 gram (dapat menggunakan santan instan)
  • Baking powder sebanyak ¼ sdt
  • Emulsifier sebanyak 1 sdt (tbm/sp)
  • Garam sebanyak ¼ sdt
  • Essen stroberi sesbanyak 1/8 sdt
  • Pewarna merah rose sebanyak kurang lebih 3 tetes

Bahan untuk selai :
  • Buah stroberi segar sebanyak 25 gram (potong kotak-kotak atau sesuai dengan selera)
  • Selai stroberi sebanyak 50 gram
  • Dan air sebanyak ½ sdm

Cara membuat cake kukus stroberi :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membuat selai terlebih dahulu, caranya adalah dengan mencampurkan buah stroberi segar, selai stroberi, dan juga air lalu masak hingga potongan stroberi menjadi layu dengan mengaduknya secara perlahan, setelah itu dinginkan dan sisihkan. Langkah selanjutnya adalah pembuatan cake, dengan cara mengocor telur bersama beberapa bahan lainnya seperti emulsifier, gula pasir, dan juga garam hingga mengembang, setelah itu masukan tepung terigu dan baking powder yang telah di ayak sedikit demi sedikit lalu aduk hingga tercampur rata serta tuangkan juga santan kelapa kental. Jika sudah tercampur rata, maka bagi adonan tersebut menjadi tiga bagian dalam wadah terpisah, masukan essen stroberi dan juga pewarna merah rose pada dua bagian adonan dan aduk hingga merata.

Dan untuk adonan sisanya campurkan dengan selai stroberi yang telah dimasak tadi dan aduk secara asal. Langkah selanjutnya adalah dengan menuangkan satu adonan berwarna pink secara merata pada sebuah loyang loaf yang berkuran 24x10x7cm yang sudah di alasi dengan menggunakan kertas roti dan kukus selama kurang lebih 5 menit dengan api sedang. Angkat kukusan lalu tuangkan adonan yang hanya dicampur dengan selai secara merata dan kukus kembali selama kurang lebih 5 menit. Langkah terakhir pembuatan dalam salah satu resep kue kukus tersebut adalah dengan menuangkan adonan sisa yang berwarna pink secara merata dan kukus hingga benar-benar matang selama kurang lebih 15 menit. Setelah matang, angkat dan tiriskan cake lapis kukus stroberi tersebut dan potong-potong sesuai dengan selera anda.

Resep Kue Cake Kukus Stroberi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita