Senin, 09 Juni 2014

Resep Kue Serabi Enak

Mungkin sebagian dari anda terdapat sebagian yang merasa penasaran pada resep kue serabi beserta cara pembuatannya, seperti salah satunya adalah serabi dengan saus manis yang menjadi cirikhas dari kota Bandung. Karena resep untuk kue serabi tersebut pada saat ini memang sudah banyak dikembangkan hingga memiliki rasa yang beraneka ragam, hal tersebut tentu saja membuat kue serabi semakin menjadi banyak pilihan dan tidak akan membosankan untuk dikonsumsi. Cirikhas dari kue tersebut memang terletak pada pembuatannya yang menggunakan wajan berukuran kecil yang terbuat dari tanah liat dan dipanaskan di atas tungku yang kecil juga, maka dari itulah bagi anda yang ingin bisa membuat kudapan tersebut tentunya harus memiliki wajan kecil yang terbuat dari tanah liat tersebut.

Dan bagi anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah, maka di bawah ini adalah sebuah resep kue serabi dengan saus manis beserta cara pembuatannya yang dapat kita ketahui bersama yang tentunya dapat anda ikuti dan praktekan sendiri di rumah.

Resep Kue Serabi
Bahan untuk kue serabi :
  • Tepung terigu sebanyak 500 gram
  • Telur sebanyak 3 butir (kocok)
  • Santan dari satu butir kelapa sebanyak 1250ml
  • Baking powder sebanyak 1 sdt
  • Garam sebanyak 1 sdt
  • Air daun pandan sebanyak 50ml

Bahan untuk saus :
  • Santan kelapa dari sebutir kelapa sebanyak 750ml
  • Gula merah sebanyak 200 gram (iris tipis-tipis)
  • Gula pasir sebanyak 1 sdm
  • Kayu manis sebesar 6cm
  • Daun pandan sebanyak 4 lembar (potong-potong)
  • Garam sebanyak ½ sdt
  • Cengkih sebanyak 2 butir


Cara membuat kue serabi dan sausnya :
Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mencampurkan beberapa bahan terlebih dahulu seperti tepung terigu, baking powder, dan juga garam kemudian aduk hingga merata, setelah itu masukan santan sebanyak 400ml dan telur yang telah di kocok tadi lalu aduk kembali hingga merata. Olah dan tepuk-tepuk adonan tersebut dengan menggunakan lengan anda hingga adonan berubah menjadi licin dan juga terasa ringan, kemudian masukan kembali sisa santan sedikit demi sedikit dan aduk kembali hingga adonan tercampur rata. Setelah itu tuangkan air daun pandan kedalam adonan tadi dan aduk kembali hingga tercampur rata, kemudian diamkan adonan tersebut selama kurang lebih hingga 2 jam.

Sementara menunggu adonan tersebut, maka anda pun dapat membuat sausnya terlebih dahulu dengan cara mencampurkan seluruh bahan yang telah disiapkan tadi dalam sebuah wadah dan masak dengan api sedang. Terus aduk saus tersebut agar santan tidak pecah hingga gula merah larut dalam saus tersebut dan mendidih, setelah mengeluarkan bau harum maka angkat dan tiriskan saus tersebut. Setelah itu panaskan wajan kecil yang terbuat dari tanah liat khusus untuk serabi di atas api sedang, lalu olesi dengan menggunakan minyak goreng dan tuangkan adonan serabi setelah 2 jam tadi sebanyak satu sendok sayur.

Tunggulah hingga adonan serabi tersebut terlihat mengeras dan juga berlubang yang akan dimulai dari bagian pinggirnya terleih dahulu, setelah itu tutuplah wajan tersebut dan masak serabi hingga benar-benar matang. Angkat serabi yang telah matang dan habiskan bahan adonan dengan menggunakan cara tersebut. Dan langkah terakhir pembuatan dalam resep kue serabi dengan saus manis adalah menyajikan kue serabi terebut dengan siraman saus manis yang telah dibuat tadi sesuai dengan selera masing-masing.

Resep Kue Serabi Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita