Minggu, 29 Juni 2014

Resep Sambal Bajak Super Pedas

Resep sambal bajak yang akan coba kami bagikan untuk anda semuanya pada kesempatan kali ini merupakan resep sambal yang khas dari daerah Jawa Tengah, dan sambal bajak sendiri memang terkenal karena rasanya yang sangat pedas. Maka dari itulah mengapa sambal bajak yang menjadi salah satu hidangan khas nusantara banyak dikenal oleh banyak kalangan masyarakat, terlebih bagi mereka yang memang menyukai berbagai macam kuliner dengan citarasa yang pedas.

Bagi anda para pecinta sambal tentuya wajib untuk mencicipi sambal khas daerah Jawa Tengah tersebut, dan bagi anda yang ingin mengetahui cara untuk membuatnya sendiri di rumah, maka di bawah ini adalah sebuah resep sambal bajak beserta cara pembuatannya yang tergolong mudah yang dapat kita ketahui bersama.

Resep Sambal Bajak
Bahan untuk dihaluskan :
1. Cabe rawit merah sebanyak 19 buah
2. Cabe merah besar sebanyak 5 buah
3. Bawang merah sebanyak 2 siung
4. Bawang putih sebanyak 4 siung
5. Tomat sebanyak 2 buah
6. Terasi sebanyak 2 sendok teh
7. Gula merah sebanyak 1 sendok makan
8. Garam secukupnya

Bahan pelengkap lainnya :
1. Daun salam sebanyak 2 lembar
2. Air asam sebanyak 2 sendok makan
3. Bawang merah sebanyak 2 siung kemudian iris tipis
4. Serai sebanyak 1 batang
5. Lengkuas sebesar 1cm
6. Air secukupnya
7. Minyak goreng secukupnya

Cara membuat sambal bajak :

Langkah petama yang dapat dilakukan adalah dengan menumis bawang merah terlebih dahulu hingga mengeluarkan aroma yang harum, setelah itu masukanlah bumbu halus beserta beberapa bumbu lainnya seperti lengkuas, daun salam, dan juga serai, aduk hingga merata dan mengeluarkan aroma yang harum. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memasukan air asam dan juga air mineral sebanyak kurang lebih 50ml lalu aduk hingga seluruh bahan tercampur rata, masaklah dengan menggunakan api yang kecil kemudian di aduk hingga airnya surut dan berkurang.

Dan langkah terakhir pembuatan dalam resep sambal bajak di atas adalah dengan memasukan garam sesuai dengan selera masing-masing, aduk hingga merata lalu cicipi terlebih dahulu, jika dirasa sudah pas maka angkat dan sambal bajak pun sudah siap untuk disajikan.

Resep Sambal Bajak Super Pedas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita