Minggu, 29 Juni 2014

Resep Sambal Goreng Kentang

Bagi anda yang pada saat ini tengah mencari sebuah resep sambal goreng kentang yang nikmat dan juga lezat, sebenarnya and pun tidak perlu bingung ketika mencarinya, karena pada saat ini di salah satu media seperti website atau situs di internet tentunya sudah banyak yang mengulas resep masakan dan tidak terkecuali pada resep resep sambal goreng kentang. Sambal goreng kentang sendiri merupakan salah satu masakan khas nusantara yang masuk pada kategori sambal dengan bahan dasar utama kentang, masakan tersebut dikatakan sebagai sambal goreng kentang karena rasanya yang memang cenderung pedas.

Dan bagi anda yang ingin mengetahui cara membuat sambal goreng kentang tersebut, maka di bawah ini adalah sebuah resep sambal goreng kentang beserta cara pembuatannya yang dapat kita ketahui bersama.

Resep Sambal Goreng Kentang
Bahan yang dibutuhkan :
1. Kentang sebanyak 500 gram kemudian kupas dan bersihkan lalu potong bentuk dadu
2. Hati sapi sebanyak 500 gram kemudian bersihkan dan rebus lalu potong bentuk dadu
3. Petai sebanyak 2 papan kemudian kupas dan belah masing-masing menjadi 2 bagian
4. Santan instan sebanyak 1 bungkus
5. Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk bumbu halus :
1. Bawang putih sebanyak 6 siung
2. Cabe merah sebanyak 2 buah kemudian dapat dibuang bijinya ataupun tidak sesuai dengan selera
3. Kemiri sebanyak 4 butir
4. Merica bubuk sebanyak ½ sendok teh
5. Garam secukupnya
6. Penyedap masakan secukupnya

Bahan untuk bumbu :
1. Bawang merah sebanyak 5 siung kemudian iris tipis
2. Cabe merah sebanyak 3 buah kemudian buang bijinya lalu iris tipis
3. Daun jeruk secukupnya
4. Daun salam secukupnya
5. Serai secukupnya
6. Lengkuas secukupnya
7. Bawang goreng secukupnya untuk taburan

Cara membuat sambal goreng kentang :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggoreng kentang terlebih dahulu hingga berwarna kecokelatan kemudian angkat dan tiriskan, setelah itu tumislah bawang merah hingga mengeluarkan aroma yang harum dan masukan cabe merah lalu tumis hingga cabe terlihat layu. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memasukan bumbu halus beserta beberapa bumbu lainnya seperti lengkuas, daun salam, serai, dan daun jeruk, kemudian masak hingga mengeluarkan aroma yang harum dan bumbu matang merata. Langkah selanjutnya adalah dengan memasukan santan ½ bungkus terlebih dahulu dan masak hingga santan berkurang dan tampak berminyak, setelah itu masukan kembali santan sisanya dan didihkan.

Dan langkah terakhir pembuatan dalam resep sambal goreng kentang di atas adalah dengan memasukan hati sapi kemudian aduk selama beberapa saat, setelah itu masukanlah kentang bersama dengan petai lalu aduk hingga merata. Cicipi terlebih dahul, bila ada yang kurang dapat menambahkannya, setelah itu biarkan santan hingga menyusut dan mengeluarkan minyak, angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.

Resep Sambal Goreng Kentang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita