Jumat, 27 Juni 2014

Resep Sambal Goreng Ati

Resep sambal goreng ati yang akan coba kami bagikan untuk anda semuanya pada kesempatan kali ini adalah resep sambal goreng ati yang spesial, namun untuk resep sambal goreng ati yang akan coba kami bahas pada kali ini merupakan resep sambal goreng ati yang menggunakan ati ampela ayam. Namun bagi anda yang kurang menyukai ati ampela ayam tentu anda juga dapat menggantiya dengan menggunakan hati sapi, tidak perlu merubah resep masakan tersebut karena anda hanya tinggal mengganti ati ampela ayam dengan menggunakan ati sapi. Sambal goreng ati tersebut mungkin dapat juga dikatakan sebagai salah satu masakan favourite yang disukai oleh banyak orang, karena masakan tersebut dapat dihidangkan dengan berbagai macam hidangan masakan lain seperti opor ayam, sop ayam, dan masakan lainnya.

Untuk membuat masakan tersebut sebenarnya bukanlah merupakan hal yang sulit untuk dilakukan jika anda sudah mengetahui resep dan cara pembuatannya, dan bagi anda yang pada saat ini ingin mengetahui resep dan cara membuat sambal goreng tersebut, maka di bawah ini adalah sebuah resep sambal goreng ati beserta cara pembuatannya yang dapat kita ketahui bersama.

Resep Sambal Goreng Ati
Bahan yang dibutuhkan :
1. Ati ampela ayam sebanyak 10 pasang kemudian rebus hingga matang dan potong bentuk dadu
2. Petai sebanyak 1 papan (opsional/jika memang suka)
3. Daun salam sebanyak 1 lembar
4. Daun jeruk sebanyak 4 lembar
5. Lengkuas sebesar 3cm kemudian memarkan
6. Air bersih sebanyak 150 ml

Bahan untuk bumbu halus :
1. Cabai merah keriting sebanyak 15 buah
2. Bawang merah sebanyak 8 siung
3. Bawang putih sebanyak 6 siung
4. Merica sebanyak ½ sendok teh
5. Gula pasir sebanyak 1 sendok makan
6. Garam secukupya
7. Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat sambal goreng ati spesial :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menumis bumbu halus beserta beberapa bahan bumbu lainnya seperti daun jeruk, daun salam, serta lengkuas hingga mengeluarkan aroma yang harum. Langkah selanjutnya adalah dengan memasukan ati ampela ayam yang telah di potong sebelumnya, setelah itu aduklah hingga seluruh bahan dan bumbu tercampur rata. Dan langkah terakhir pembuatan dalam resep sambal goreng ati di atas adalah dengan memasukan air dan juga petai, aduk hingga tercampur rata dan masak hingga matang dan kuahnya mengering. Angkat sambal goreng ati ampela tersebut dan sajikan dengan taburan bawang goreng.

Resep Sambal Goreng Ati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita