Sabtu, 28 Juni 2014

Resep Sambal Pecel Lele

Tidak semua orang tentunya akan mengetahui resep sambal pecel lele yang pedas namun nikmat dan juga lezat, karena sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa sambal pecel lele tersebut memang hanya akan ditemukan di para penjual makanan seperti pecel lele dan goreng ayam saja. Namun pada saat ini untuk dapat menikmati sambal yang memang menjadi cirikhas dari pecel lele tersebut tidak hanya bisa dikonsumsi dengan cara membelinya diluar, karena resep untuk membuat sambal pecel lele tersebut sudah dapat ditemukan dengan mudah pada media seperti situs ataupun website di internet. Karena pada saat ini berbagai resep masakan sendiri tentunya tidak harus selalu didapatkan melalui buku khusus resep masakan saja.

Karena di barbagai situs atau website pun pada saat ini anda pun sudah akan dengan mudah menemukan berbagai macam resep masakan, dan tidak terkecuali pada resep sambal yaitu sambal pecel lele tersebut. Dan bagi anda yang pada saat ini ingin dapat membuat sambal pecel lele tersebut sendiri di rumah, maka dibawah ini adalah sebuah resep sambal pecel lele beserta cara pembuatannya yang dapat kita ketahui bersama.

Resep Sambal Pecel Lele
Bahan yaag dibutuhkan :
1. Bawang merah berukuran sedang sebanyak 100 gram
2. Bawang putih sebanyak 5 siung
3. Tomat sayur sebanyak 250 gram
4. Cabai merah sebanyak 3 buah
5. Kemiri sebanyak 5 butir
6. Cabe rawit secukupnya (sesuai dengan selera)
7. Gula merah secukupnya
8. Garam secukupnya
9. Penyedap rasa secukupnya
10. Minyak goreng secukupnya

Cara membuat sambal pecel lele :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memanaskan minyak goreng di atas api sedang kemudian goreng bahan seperti kemiri, bawang merah dan bawang putih, tomat, serta cabai merah dan juga cabai rawit hingga berubah menjadi layu dan berwarna kecokelatan, setelah itu angkat dan sisihkan. Lalu langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menyiapkan sebah cobek lalu haluskan bahan seperti gula merah, penyedap rasa, dan juga garam hingga benar-benar lembut, setelah itu masukan seluruh bahan yang telah di goreng tadi kecuali tomat dan ulek hingga hancur namun jangan terlalu lembut.

Dan langkah terakhir pembuatan dalam resep sambal pecel lele di atas adalah dengan memasukan tomat pada ulekan sambal tadi dan ulek kembali hingga bahan tercampur rata, namun usahakan tomat jangan sampai terlalu halus. Tuangkan dalam pisin kecil dan sambal pun siap dihidangkan bersama dengan goreng ikan lele.

Resep Sambal Pecel Lele Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita