Sabtu, 28 Juni 2014

Resep Sambal Tomat Mantab

Bagi anda yang pada saat ini tengah mencari resep sambal tomat untuk dapat membuatnya sendiri di rumah, maka resep sambal tersebut tentunya sudah sangat mudah untuk di dapatkan dari sebuah media seperti situs ataupun website yang dapat di akses melalui koneksi internet. Sambal sendiri hingga saat ini memang sudah mengalami cukup banyak perkembangan dan variasi, dan tentunya sambal tersebut juga akan memiliki citarasa yang berbeda-beda dari setiap daerah. Namun sambal tomat sendiri mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu sambal yang umum dan banyak diketahui oleh banyak masyarakat, dan citarasa dari sambal tersebut yang menonjolkan rasa pedas dan asam dari tomat memang menjadi cirikhas tersendiri pada sambal tersebut.

Bagi anda yang pada saat ini tengah belajar memasak atau baru saja menjadi seorang ibu rumah tangga, tentunya anda pun akan terus mencari berbagai resep masakan untuk anda coba dan tidak terkecuali pada resep sambal tomat. Namun janganlah khawatir, karena resep sambal tomat tersebut sudah akan dengan mudah anda temukan, seperti salah satunya adalah pada ulasan di bawah ini yang akan mengulas resep dan cara membuat sambal tomat yang dapat kita perhatikan bersama.

Resep Sambal Tomat
Bahan yang dibutuhkan :
1. Cabai merah keriting sebanyak 8 buah
2. Cabai rawit merah sebanyak 2 buah
3. Tomat merah besar sebanyak 1 buah
4. Bawang merah sebanyak 4 siung
5. Bawang putih sebanyak 2 siung
6. Terasi matang sebanyak 1 sdt (opsional)
7. Garam sebanyak ½ sdt
8. Gula pasir sebanyak 1 sdm
9. Minyak goreng secukupnya

Cara membuat sambal tomat :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggoreng bahan-bahan seperti tomat, cabai rawit dan cabai keriting, bawang merah dan bawang putih, hingga seluruh bahan menjadi lunak, setelah itu angkat dan tiriskan. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menyiapkan sebuah cobek, setelah itu masukan seluruh bahan yang telah digoreng tadi pada cobek dan ulek hingga lembut.

Dan langkah terakhir permbuatan dalam resep sambal tomat di atas adalah dengan menambahkan gula dan juga garam beserta terasi (opsional) kemudian ulek kembali hingga merata, setelah itu smbal tomat pun siap dihidangkan bersama masakan lain seperti sayur asam, tempe dan tahu goreng, ikan atau ayam goreng, beserta lalapan segar tentunya.

Resep Sambal Tomat Mantab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita