Selasa, 24 Juni 2014

Resep Sambal Terasi

Resep sambal terasi yang akan coba kami bagikan untuk anda semuanya pada kesempata kali ini adalah resep sambal terasi yang spesial, karena mungkin memang semua orang dapat membuat sambal terasi tersebut sesuai dengan selera mereka atau selera masing-masing. Namun yang perlu diketahui tentu saja komposisi bahan yang digunakan sendiri akan berbeda-beda karena memang memiliki racikan tersendiri, dan jika soal kuliner, walaupun memiliki nama yang sama namun citarasa yang berasal dari berbagai daerah tersebut pun aka berbeda-beda. Dan hal tersebut juga tentunya tidak terkcuali pada satu macam atau jenis sambal yaitu sambal terasi.

Setiap orang tentu akan mengetahui sambal tersebut, namun hingga saat ini sambal terasi tersebut juga memang sudah banyak mengalami pengembangan pada resepnya, karena sebagaimana yang telah disebutkan di atas tadi bahwa dari setiap daerah tentunya akan menyajikan citarasa yang berbeda-beda. Dan bagi anda yang ingin bisa membuat sambal terasi spesial tersebut, maka dibawah ini adalah sebuah resep sambal terasi beserta cara pembuatannya yang dapat kita ketahui bersama.

Resep Sambal Terasi
Bahan yang dibutuhkan :
1. Cabe rawit merah sebanyak 15 buah
2. Cabe merah berkuran besar sebanyak 9 buah
3. Bawang merah sebanyak 5 siung
4. Bawang putih sebanyak 2 siung
5. Terasi matang sebanyak 2 sdt
6. Gula merah sebanyak 1 sdm
7. Garam sebanyak ½ sdt
8. Minyak goreng secukupnya

Cara membuat sambal terasi spesial :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan terlebih dahulu cabe rawit serta cabe merah hingga bersih lalu tiriskan, setelah itu gorenglah seluruh cabe tersebut hingga menjadi layu kemudian angkat dan tiriskan. Langkah kedua yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan bawang merah dan juga bawang putih, setelah itu goreng kembali seluruh bawang tersebut hingga menjadi agak kering kemudian angkat dan tiriskan.

Dan langkah terakhir pembuatan dalam resep sambal terasi spesial di atas adalah dengan menyiapkan sebuah cobek, kemudian masukan seluruh bahan yang telah disediakan tadi kecuali terasi. Ulek seluruh bahan tersebut hingga seluruh bahan menjadi lembut dan hancur, setelah itu barulah masukann terasi, ulek kembali hingga tercampur rata, dan sambal terasi terebut siap disajikan bersama dengan berbagai lalapan.

Resep Sambal Terasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita