Minggu, 15 Juni 2014

Resep Soto Madura Asli Lezat

Resep soto Madura yang akan coba kami bagikan untuk anda semuanya pada kesempatan kali ini tentunya merupakan resep soto yang memang khas dari Madura, karena selain terkenal dengan sate ayamnya, pulau yang terletak di penghujung pulau Jawa tersebut juga memiliki sebuah makanan berkuah yang khas yaitu Soto Pamekasan atau Soto Madura. Untuk dapat menikmati makanan berkuah khas Madura tersebut mungkin banyak orang akan lebih memilih membelinya diluar, yang sebenarnya dapat dibuat sendiri dirumah jika anda sudah mengetahui resep dan cara pembuatannya.

Dan bagi anda yang ingin mengetahui cara membuat soto Madura tersebut, maka di bawah ini adalah sebuah resep soto Madura beserta cara pembuatannya yang dapat kita ketahui bersama.

Resep soto Madura
Bahan yang dibutuhkan :
1. Daging sandung lamur yang telah di potong-potong sebanyak 250 gram
2. Babat sebanyak 150 gram
3. Usus sapi sebanyak 100 gram
4. Paru yang telah di rebus sebanyak 100 gram
5. Daun salam sebanyak 2 lbr
6. Lengkuas sebesar 3cm
7. Garam sebanyak 1 sdt
8. Serai sebanyak 2 batang kemudian memarkan
9. Daun jeruk sebanyak 5 lembar
10. Minyak goreng scecukupnya
11. Air bersih secukupnya

Bahan untuk bumbu halus :
1. Bawang merah sebanyak 12 siung
2. Bawang putih sebanyak 4 siung
3. Kemiri sebanyak 4 butir kemudian sangrai
4. Jahe sebesar 1 cm
5. Kunyit sebesar 1cm kemudian bakar
6. Merica sebanyak 1 sdt
7. Lengkuas sebesar 1 cm
8. Ketumbar sebanyak 1½ sdt
9. Gula dan juga garam secukupnya

Bahan untuk pelengkap :
1. Soun yang telah direndam dengan menggunakan air panas
2. Daun bawang kemudian di iris halus
3. Daun seledri kemudian di iris halus
4. Bawang goreng
5. Kecap manis
6. Jeru nipis
7. Dan juga sambal

Cara membuat soto Madura :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melunakan usus sapi beserta babat dengan cara presto bersama beberapa bahan lainnya seperti salam, lengkuas, dan juga garam pada satu liter air. Setelah itu rebuslah daging hingga daging benar-benar lunak kemudian angkat dan sisakan airnya hingga sebanyak 2 liter untuk dijadikan kaldu pembuatan soto. Dan langkah selanjutnya adalah dengan menumis bumbu halus beserta beberapa bahan lainnya seperti daun jeruk dan juga serai hingga mengeluarkan aroma yang harum, setelah itu masukan bumbu tesebut pada kaldu daging yang telah disiapkan dan rebus kembali hingga mendidih.

Setelah mendidih maka masukan daging dan jeroannya lalu rebus kembali hingga bumbu meresap. Dan langkah terakhir pembuatan dalam resep soto Madura di atas adalah dengan menyajikan seluruh bahan pelengkap di dalam mangkuk sesuai dengan selera anda, setelah itu siramlah dengan menggunakan kuah soto yang telah jadi maka soto pun sudah dapat anda hidangkan. Resep soto Madura tersebut dapat dihidangkan hingga untuk 6 porsi.

Resep Soto Madura Asli Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita