Senin, 16 Juni 2014

Resep Soto Padang Asli Enak

Para pecinta kuliner tentunya tidak sedikit yang akan mencari resep soto Padang agar dapat mebuatnya sendiri di rumah, karena soto padang tersebut memang merupakan salah satu makanan khas dari Padang yang berkuah dan memang memiliki citarasa yang khas. Kota Padang sendiri memang memiliki berbagai macam makanan yang khas yang sudah sangat tekenal seperti Nasi Padang dan juga Sate Padang, namun selain makanan tersebut tentunya juga masih terdapat salah satu makanan khas lainnya yaitu Soto Padang.

Dan bagi anda yang memang ingin bisa membuat salah satu makanan khas Padang tersebut, maka di bawah ini adalah sebuah resep soto Padang beserta cara pembuatannya yang dapat kita ketahui bersama.

Resep Soto Padang
Bahan yang dibutuhkan :
1. Daging sapi tanpa lemak sebanyak 500 gram
2. Serai sebanyak 1 batang
3. Daun jeruk purut sebanyak 3 lembar
4. Kayu manis sebesar 3cm
5. Lengkuas sebanyak 250 gram kemudian rebus bersama 250cc air lalu peras dan ambil air sarinya
6. Air sebanyak 2000cc
7. Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk bumbu halus :
1. Bawang merah sebanyak 6 siung
2. Bawang putih sebanyak 5 siung
3. Merica sebanyak 1 sdt

Bahan pelengkap :
1. Soun yang telah direndam menggunakan air panas sebanyak 100 gram
2. Telur rebus yang telah di iris sebanyak 3 butir
3. Daun bawang sebanyak 2 batang kemudian iris halus
4. Seledri sebanyak 2 batang kemudian iris halus
5. Tomat yang telah di iris sebanyak 2 buah
6. Keripik atau prekedel kentang
7. Bawang goring
8. Kerupuk merah
9. Jeruk nipis kemudian potong-potong

Cara membuat Soto Padang :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah denga merebus daging sapi terlebih dahulu bersama dengan beberapa bahan lainnya seperti garam, rebus daging tesebut hingga matang kemudian angkat daging dan potong-potong sesuai dengan selera anda. Setelah itu taburi dengan ½ sdt garam lalu goreng daging tersebut hingga kering. Langkah kedua yang dapat dilakukan adalah dengan menumis bumbu halus kemudian masukan bumbu halus tersebut pada kaldu daging dan didihkan, setelah itu masukan air sari lengkuas dan didihkan.

Dan langkah terakhir pembuatan dalam resep soto Padang tersebut adalah dengan memasukan seluruh bahan pelengkap beserta dengan daging goreng, setelah itu siram dengan menggunakan kuah soto yang telah masak tadi. Taburi dengan seledri dan bawang goreng dan sajikan bersama dengan kerupuk merah dan juga prekedel yang telah disediakan.

Resep Soto Padang Asli Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita