Minggu, 22 Juni 2014

Resep Sup Ikan Kakap Putih

Tentunya tidak akan setiap ibu akan mengetahui resep sup ikan beserta cara pembuatannya, yang sebenarnya pada saat ini informasi tersebut sudah sangat mudah untuk ditemukan, seperti salah satunya adalah di berbagai situs ataupun website di internet. Tidak berbeda dengan sup lainnya, bahwa sup ikan juga merupakan salah satu makanan berkuah yang memiliki nilai gizi yang sangat tinggi, sehingga makanan tersebut sangat cocok untuk tumbuh kembang otak anak. Karena sebagaimana yang telah kita ketahui bersama ikan sendiri memang mengandung banyak nutrisi dan juga vitamin yang dapat membantu mencerdaskan otak.

Maka dari itulah sebenarnya seorang ibu harus bisa membuat makanan berkuah tersebut, dan bagi anda yang ingin mengetahuinya, maka di bawah ini adalah sebuah resep sup ikan beserta cara pembuatannya yang dapat kita ketahui bersama.

resep sup ikan
Bahan yang dibutuhkan :
1. Ikan kakap putih sebanyak 1ekor (usahakan yang memiliki berat sekitar 750 gram)
2. Serai sebanyak 3 batang kemudin memarkan
3. Jahe sebesar 3cm kemudian memarkan
4. Lengkuas sebesar 3cm kemudian memarkan
5. Daun jeruk sebanyak 5 lembar
6. Daun pandan sebanyak 1 lembar
7. Air jeruk nipis sebanyak 1 sdm dan garam sebanyak 1 sdt
8. Garam sebanyak 2 sdt dan merica bubuk sebanyak 1 sdt
9. Cabai merah besar sebanyak 3 buah kemudian iris sesuai selera
10. Cabai hijau besar sebanyak 2 buah kemudian iris sesuai selera
11. Bawang merah sebanyak 8 siung lalu iris halus
12. Bawang putih sebanyak 5 siung lalu iris halus
13. Tomat sayur sebanyak 6 buah kemudian potong sesuai selera
14. Air jeruk nipis sebanyak 3 sdm
15. Daun kemangi sebanyak 2 ikat
16. Cabai rawit merah sebanyak 20 buah da tomat merah sebanyak 2 buah dan potong-potong

Cara membuat sup ikan kakap putih :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mencuci dan membersihkan ikan kakap terlebih dahulu kemudian potong menjadi 3 bagian, lumuri ikan dengan menggunakan air jeruk nipis dan juga garam hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 10 menit, setelah itu cuci kembali hingga bersih dan sisihkan. Langkah kedua yang dapat dilakukan adalah dengan merebus air hingga mendidih beserta beberapa bahan lainnya seperti lengkuas, garam, jahe, serai, daun jeruk, merica, dan juga pandan, setelah itu masukan ikan beserta beberap bumbu lainnya seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, serta juga cabai hijau, dan biarkan rebusan hingga ikan menjadi lunak.

Setelah lunak, langkah terakhir pembuatan dalam resep sup ikan adalah dengan memasukan cabai rawit dan tomat, air jeruk nipis, kemangi, kemudian aduk hingga merata, angkat dan sajikan selagi hangat. Bagi anda yang tidak begitu menyukai pedas maka dapat mengurangi jumlah cabai rawitnya.

Resep Sup Ikan Kakap Putih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anggita